Tips Mengajarkan Anak Memakai Hijab Sejak Usia Dini - Maysuun Babykids Hijab

Tips Mengajarkan Anak Memakai Hijab Sejak Usia Dini

3 tahun yang lalu

Menghijabkan anak sejak dini merupakan salah satu upaya untuk mengajarkan anak agar menutup aurat sejak dini. Terlebih menutup aurat merupakan salah satu perintah agama Islam bagi setiap wanita. Meskipun demikian masih banyak orangtua yang membiarkan anak perempuannya tidak menutup aurat dengan baik sehingga kebiasaan tersebut tertanam hingga sang anak dewasa. Sehingga sangat penting bagi orangtua untuk menghijabkan anak sejak dini terutama saat mereka keluar rumah agar anak memiliki kecintaan pada hijab serta akan merasa malu ketika mereka tidak memakainya.

 

Tips Menghijabkan Anak Sejak Usia Dini

 Mengajarkan kebaikan serta menanamkan pendidikan agama pada anak bisa dilakukan dengan mengajarkan mereka untuk memakai hijab sejak dini. Terlebih dalam Al Quran sudah tertulis secara jelas mengenai perintah bagi para wanita muslim untuk menutup aurat dengan memakai hijab. Dengan demikian tak ada alasan bagi orangtua untuk tidak menghijabkan anak sejak dini. Berikut ini akan dijelaskan tips mengajarkan anak memakai hijab sejak dini yang bisa membantu Anda menanamkan kecintaan anak pada hijab.

  1. Pakaikan baju muslim panjang pada anak
    Tips menghijabkan anak sejak dini yang pertama adalah dengan membiasakan anak untuk memakai pakaian yang sopan sejak usia dini. Setidaknya, Anda mulai memakaikan pakaian yang panjang, rapid an sopan meskipun tidak setiap hari. Cara ini biasa Anda lakukan ketika akan bepergian atau keluar rumah dengan memakaikan buah hati pakaian muslimah beserta dengan jilbabnya.
  2. Memberikan pujian dan motivasi
    Untuk menumbuhkan kecintaan anak pada hijab, sebaiknya berikan pujian ketika anak sedang memakai hijab. Selain itu berikan pula dukungan kepada mereka dengan motivasi bahwa memakai hijab merupakan salah satu bukti ketakwaan serta kecintaan terhadap Allah SWT.
  3. Memilih bahan dan model hijab yang nyaman
    Bagi para orangtua terutama Ibu yang akan menghijabkan anak sejak dini, sebaiknya pilih bahan hijab yang lembut, tidak panas, mudah menyerap keringat, ringan dan tidak terlalu besar. Hal terpenting dari hijab untuk anak usia dini adalah mampu menutupi kepala dan rambutnya. Selain itu pastikan model hijab tersebut simpel dan sederhana tetapi sesuai dengan usia anak-anak.
  4. Menempatkan anak di lingkungan yang mendukung
    Untuk menghijabkan anak sejak dini, sebaiknya Anda memilih lingkungan yang tepat untuk buah hati. Pastikan lingkungan tersebut mendukung anak untuk semakin cinta memaki hijab terutama ketika mereka sudah memasuki masa sekolah.
  5. Memberikan contoh dari ibunya
    Sebagai seorang Ibu, Anda juga harus memberikan contoh kapan waktu untuk memakai hijab dan kapan melepasnya. Selain itu pastikan Anda juga memakai hijab secara konsisten sehingga anak akan lebih mudah untuk menirunya.

 Melalui tips menghijabkan anak sejak dini yang telah dijelaskan di atas dapat membantu Anda agar lebih mudah dalam mengajarkan anak memakai hijab sejak dini. Sebagai orangtua, Anda juga harus konsisten dan bersabar dalam mengajarkan kebaikan pada buah hati. Sebab mereka adalah amanah yang harus dijaga dengan sebaik mungkin.