Apakah ngidam harus dituruti ? - Maysuun Babykids Hijab

Apakah ngidam harus dituruti ?

3 tahun yang lalu

Apa yang harus dilakukan jika bunda hamil (bumil) ngidam? Haruskah semua keinginannya dipenuhi ?

 

Jika ngidamnya tidak berbahaya bagi tubuh dan justru bergizi tinggi, sebaiknya ngidamnya dituruti sebab dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi yang sedang diidamkan, bumil tidak hanya memenuhi kebutuhan qizi dalam tubuh, namun juga bumil terpuaskan kebutuhan emosionalnya dan tentunya hal ini bagus untuk membangkitkan mood bumil yang cenderung naik-turun ketika hamil.

 

Namun, tidak selalu ngidam harus diturui. Solusinya sederhana, di antaranya adalah rutin sarapan setiap hari. Jangan sampai bumil melewatkan sarapan karena justru akan membuat keinginan ngidamnya kian menjadi-jadi. Selain itu, bumil dianjurkan rajin berolahraga.

 

Namun jika keinginan makan makanan tertentu terlalu kuat namun di satu sisi dapat memberi pengaruh kurang baik bagi kesehatan, maka bumil bisa menyiasatinya dengan mencari pengganti yang serupa. Misalnya ketika sedang bernafsu makan es krim, bumil dapat menggantinya dengan yogurt beku non-lemak. Rasanya toh sama-sama manis dan segar. Bukan begitu, Bunda?

 

Menurut ahli gizi di NYU Medical Center, New York City, Samantha Heller, MS, RD, ngidam makanan saat hamil tidak harus selalu dituruti, namun bisa dicarikan alternatif penggantinya. Caranya dengan mendalami betul apa yang sebenarnya diinginkan bumil. “Coba cari pengganti apa yang lebih sehat dari apa yang sedang Anda idamkan,” tuturnya.

 

Ahli gizi lainnya, Liz Lipski, PhD, CCN sepakat. “Jika ngidam Anda sehat, tidak apa-apa dipenuhi. Tapi kalau gizinya kurang, coba cari alternatif lain yang serupa.”  Ia menambahkan, misalnya Anda ngidam es krim stroberi yang super lezat, Anda coba tanya lagi pada diri sendiri: Apa benar es krim stroberi yang diinginkan? Apa bukan sesuatu yang dingin, lembut, creamy, dan manis? Begitu Anda tahu jawabannya, maka Anda akan mudah menentukan alternatifnya.

 

“Mungkin sorbet stroberi bisa memenuhi keinginan Anda, atau stroberi segar dengan low-fat topping. Atau mungkin yogurt stroberi. Ini kan lebih sehat dan lezat,” ungkap Heller. Ia melanjutkan, jika yang Anda butuhkan adalah kalsium,  maka Anda bisa mengonsumsi suplemen kalsium atau memanfaatkan produk dairy sebagai alternatif penggantinya, seperti keju, buttermilk, atau yogurt.

 

Bagaimana jika bumil ngidam cola? Alternatif yang tepat adalah air mineral dengan sari buah atau lime. Jika ingin kripik kentang, maka Anda bisa menggantinya dengan popcorn, keripik rendah lemak, atau pretzel. Ketika Anda ngidam donat atau aneka pastry, Anda sebaiknya mengambil alternatif bagel gandum dengan selai buah segar. Sama-sama lezat, kan, Bunda?