6 Cara Mendidik Anak Nakal, Bandel, dan Susah Diatur - Maysuun Babykids Hijab

6 Cara Mendidik Anak Nakal, Bandel, dan Susah Diatur

3 tahun yang lalu

Dikaruniai oleh Allah seorang anak dalam sebuah keluarga pastinya sangat menyenangkan bagi para orang tua. Namun tidak banyak juga orang tua yang merasa kerepotan dan kesal oleh tingkah laku anaknya, terlebih lagi jika si anak berperangai nakal, bandel, tidak penurut, dan susah diatur.

 

Ketika menghadapi anak dengan watak yang seperti itu, orang tua adalah harus bisa menerapkan cara yang benar dan tepat dalam mengatasi kenakalan anak.

 

Tak dipungkiri bahwa mendidik anak yang sudah terlanjut nakal, bandel, dan susah diatur memang tidaklah mudah, bahkan untuk mengembalikan sikap anak menjadi penurut lagi tentunya membutuhkan usaha yang keras dan cara yang tepat. Kendati demikian, janganlah orang tua sampai mengambil jalan pintas untuk mengurangi kebandelan anak, misalkan seperti menggunakan kekerasan atau marah-marah. Hal tersebut tidaklah tepat. Bukannya akan membuat anak jera, malah dapat membuat kenakalan mereka menjadi lebih parah.

 

Lantas bagaimanakah cara yang tepat dalam mengatasi kenakalan anak ? berikut ini adalah cara mendidika anak yang sudah terlanjur nakal.

 

  1. Tunjukan Sikap yang Lembut

Cara mendidik anak yang dengan memarahi sangatlah tidak benar. Tindakan tepat yang harusnya dilakukan adalah dengan menunjukan sikap yang lembut dan memaafkan. Coba tanyakan kepada anak mengapa ia membuat kesalahan. Terkadang anak berbuat kesalahan bukanlah karena keinginannya sendiri, tetapi terkadang terjadi karena ketidaksengajaan.

 

  1. Jangan Terlalu Memanjakan Anak

Terlalu memanjakan anak sejak kecil sangatlah tidak baik bagi perkembangan kepribadian anak. Mereka akan terbiasa dengan jalan instan ketika ingin mendapatkan sesuatu. Hal tersebut tentu berakibat suatu saat jika keinginananan tidak terpenuhi, anak akan membangkang pada orang tuanya. Maka dari itu, kita sebagai orang tua jangan terlalu memanjakan anak, perlakukan sesuai tingkat usianya, tak perlu berlebihan..

 

  1. Berilah Contoh yang Baik Pada Anak

Anak yang masih dalam masa tumbuh kembang lebih mudah meniru apa yang orang lain lakukan disekitarnya. Bila orang tua ingin anak bersikap baik, tentunya orang tua juga harus selalu memberikan contoh yang baik ketika berada disekitar anak. Selain itu juga jangan lupa jauhkan anak dari berbagai hal yang berdampak buruk pada kebpribadiaan anak, seperti acara tv kekerasan, teman yang nakal, dan yang lainnya.

 

 

  1. Jangan Memberikan Label Buruk Pada Anak

Ketika anak berbuat kenakalan, janganlah langsung memberikan label buruk kepada anak, contohnya dengan mengatakan “kamu itu anak nakal, susah sekali untuk diatur”. Pemberian label “nakal” dan “susah diatur” tersebut pada anak justru akan membuat mereka yakin bahwa kenakalan adalah sifatnya. Sehingga dengan demikian akan mempersulit kita sebagai orang tua untuk mengembalikan anak menjadi lebih baik.

 

  1. Buat Aturan dengan metode “Reward and Punishment

Dalam mendidik anak yang nakal dan susah diatur, salah satu cara efektif yang bisa kita terapkan adalah dengan membuat semacam aturan tegas yang memberikan sanksi dan penghargaan dan jelas. Punishment diberikan bagi anak yang melanggar aturan sehingga harapannya dapat memberikan efek jera. Sedangkan  Reward bertujuan menjauhi memberikan semangat kepada anak untuk terus mematuhi aturan dan bersikap baik.

 

  1. Mendidik Anak Secara Agama

Pondasi akhlak yang paling utama dalam kehidupan adalah agama. Itulah alasan mengapa ilmu agama sangatlah penting untuk diberikan kepada anak sejak usia dini agar terbentuk akhlak mulia pada anak. Kita bisa menrapkan pendidikan akhlak pada anak dengan mengajarkan anak membaca al-qur’an. Atau juga bisa menyekolahkannya ke madrasah agar terbiasa dengan lingkungan dan budaya religius. Dengan seperti itu, diharapkan anak akan berperilaku dan budi pekerti yang baik.

 

Demikianlah 6 cara mengatasi anak yang nakal. Memang benar jika dalam mendidik anak nakal menjadi baik tidak semudah mengedipkan mata. Semuanya harus dilakukan dengan usaha, doa, dan tawakal. Jika kita berkomitmen melakukan 6 cara ini, InsyaAllah secara perlahan-lahan sikap anak yang nakal, bandel, susah diatur akan berangsur berkurang dan kemudian berubah menjadi berkelakuan baik.

 

Wallahu a’lam bissahawab. Semoga dengan menerapakan cara di atas, kita dapat memperbaiki sikap anak kita sehingga lambat laun sikap nakal pada anak akan hilang dan kemudian bertransformasi menjadi anak yang berbudi pekerti baik lagi sholeh sholehah. Aamiin.