5 Cara Orangtua Mengajarkan Anak Sholat Sejak Usia Dini - Maysuun Babykids Hijab

5 Cara Orangtua Mengajarkan Anak Sholat Sejak Usia Dini

3 tahun yang lalu

Setiap orangtua pastinya mempertanyakan bagaimana cara mengajarkan anak untuk sholat. Ya, hal ini merupakan kewajiban bagi setiap orang tua. Anak adalah amanah dari Allah SWT yang sudah seharusnya dijaga dengan baik. Salah satu cara terbaik menjaganya yaitu dengan mendidik anak dengan benar terutama mengajarkan sholat.

Cara mengajarkan anak untuk sholat sebaiknya mulai dilakukan sejak anak masih berada di usia dini sehingga apa yang sudah tertanam sejak kecil dapat tertanam kokoh hingga mereka dewasa nantinya.

 

Cara Mengajarkan Anak untuk Sholat Sejak Dini

 Sebetulnya tidaklah mudah untuk mengajarkan sholat kepada anak karena proses mengajarkan tersebut dibutuhkan persiapan mulai dari cara berwudhu yang baik dan hal-hal yang berkaitan dengan sholat.sebagai orangtua, Anda memang harus lebih bersabar dalam menanamkan suatu kebaikan kepada anak. Meskipun sulit tetapi jika dilakukan secara sungguh-sungguh tentu hasilnya akan sangat membanggakan.

Berikut ini akan dijelaskan cara mengajarkan anak untuk sholat yang perlu Anda ketahui.

  1. Orangtua Harus Menjadi Contoh Kedisplinan
    Cara mengajarkan anak untuk sholat yang pertama yaitu dengan menjadikan diri Anda sebagai contoh bagi anak agar disiplin menjalankan sholat. Terlebih di usia yang masih dini, kecenderungan anak-anak untuk meniru perilaku orangtua memang cukup besar. Sehingga kondisi ini sangat tepat Anda gunakan untuk mengajarkan sholat pada anak. Tetapi sebagai orangtua, mulailah cara tersebut dengan menjadi teladan yang baik bagi anak dalam menjalankan sholat secara tepat waktu dan konsisten.
  2. Menanamkan Arti Penting Sholat
    Tanamkan pada anak sejak usia dini bahwa sholat merupakan sebuah kewajiban dan menjadi penghubung antara manusia dengan Allah SWT. Ketika manusia lalai dengan kewajibannya, Allah SWT akan memberikan adzab yang pedih di akhirat kelak. Tetapi jika manusia bisa menjalankannya dengan baik nantinya Allah SWT akan memberikan balasan surga.
  3. Mengajak Anak untuk Sholat
    Saat anak mulai mampu membedakan kanan dan kiri, sejak saat itulah otaknya mulai berkembang. Dimana saat tersebut merupakan langkah yang tepat memulai cara mengajarkan anak untuk shalat. Caranya dengan mengajak anak ikut melaksanakan sholat bersama dengan orangtua sehingga mereka bisa meniru gerakan sholat.
  4. Memberikan Hukuman Bagi yang Lalai
    Ketika anak berusia 7 tahun, orangtua sebaiknya memerintahkan anaknya untuk melaksanakan sholat. Terlebih jika sudah memasuki usia 10 tahun tetapi anak tidak mau melaksanakan sholat, orangtua boleh memukulnya sebagai bentuk hukuman. Karena di usia 7 tahun akal anak sudah berkembang secara bertahap dan memasuki 10 tahun sudah berkembang sempurna.
  5. Ajak Anak Sholat berjamaah di Masjid
    Cara mengajarkan anak untuk sholat berikutnya adalah dengan mengajak mereka untuk sholat berjamaah di masjid. Cara ini dilakukan agar anak dapat membaur dengan lingkungan sekitar serta mengenal keadaan atau kondisi ketika sholat berjamaah.

 Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa salah satu tugas penting seorang orangtua adalah mengajarkan anaknya untuk sholat. Untuk mempratikkan cara mengajarkan anak untuk sholat seperti yang telah dijelaskan di atas sebaiknya orangtua harus bersabar dan tidak mudah putus asa sehingga kewajiban sholat bisa tertanam secara perlahan sejak buah hati berusia dini.