3 Hal Penting dalam Menerapkan Pendidikan Anak Usia Dini - Maysuun Babykids Hijab

3 Hal Penting dalam Menerapkan Pendidikan Anak Usia Dini

3 tahun yang lalu

Pendidikan anak usia dini menjadi hal penting yang perlu diperhatikan oleh setiap orang tua. Apalagi anak-anak memiliki pola berpikir yang tidak sama dengan orang dewasa. Orang tua perlu membedakan cara mendidik anak yang sudah dewasa dengan anak yang masih berusia ini. Namun, tentunya dengan tetap memperhatikan pola asuh yang benar alias tidak memanjakan mereka dengan alasan usia yang masih dini.

 

Menerapkan Pendidikan Anak Usia Dini dengan Memperhatikan 3 Hal

 Orang tua adalah guru pertama seorang anak di rumah. Apa yang diajarkan oleh orang tua pastinya berdampak secara langsung pada diri anak tersebut. Karena itu, jangan salah memberikan pendidikan anak usia dini. Coba perhatikan 3 hal penting di bawah ini.

  •   Ajaran disiplin

Sudahkah Anda mengajari anak dengan konsep disiplin? Disadari atau tidak, pada saat berada di rumah, buah hati akan terbiasa untuk bermain sesuka hati mereka. Mereka juga barangkali sudah terbiasa mengikuti aturan yang ditetapkan di dalam rumah. Namun, tidak bisa dipungkiri aturan-aturan tersebut biasanya bersifat lentur bila dibandingkan dengan aturan di yang terapkan di luar rumah.

Pada saat usia pra sekolah, buah hati sudah sepatutnya mengikuti pola kegiatan di luar ruangan atau terikat dengan peraturan. Hal ini bisa dilakukan apabila pendidikan anak usia dini yang diajarkan juga tepat. Dengan mengikuti pendidikan di luar rumah, sang buah hati akan mulai belajar aturan-aturan baku atau tidak lentur lagi layaknya di rumah. Sebagai contoh anak diajarkan untuk mengantre, berbagi bersama teman dan menunggu bel pulang. Ajaran terstruktur ini membuat anak memiliki karakter disiplin yang tinggi.

  • Kepribadian anak

Kepribadian adalah hal penting yang harus dibentuk saat anak tersebut mengikuti pendidikan anak usia dini di rumah maupun di luar rumah. Di saat masa “fase golden years” seorang anak akan memiliki perkembangan yang sangat cepat. Anak tersebut lebih cepat beradaptasi, mengikuti apa saja yang dicontohkan dan mempelajari hal baru.

Fase inilah yang menentukan kepribadian anak. Untuk mendapatkan kepribadian anak yang tepat, pendidikan karakter harus diberikan sejak dini. Cobalah untuk memberikan contoh-contoh yang positif kepada anak. Misalnya perilaku tenggang rasa, saling menghormati, bertutur kata yang sopan dan sebagainya.

  • Kreatifitas anak

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan saat memberikan pendidikan anak usia dini ialah kreatifitas. Ingat, anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Orang dewasa barangkali bisa dengan cepat menemukan kreatifitas dalam diri mereka. Namun hal tersebut berbeda dengan anak-anak.

Anak-anak di usia dini perlu dilatih untuk mengembangkan kreatifitas. Bahkan mereka perlu didorong untuk menemukan kreatifitas. Karena itu, berikan rangsangan-rangsangan khusus agar buah hati bisa menemukan ide dan kreasi mereka sendiri sejak dini. Dengan begitu, anak tersebut akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang penuh ide kreatif.

Pendidikan untuk anak usia dini dan anak remaja serta anak yang sudah dewasa sangatlah berbeda. Pertimbangkan 3 hal di atas, agar tumbuh kembang anak seimbang dan berjalan sesuai usianya.