10 CARA MENYENANGKAN YANG BISA BUNDA AJARKAN KE ANAK AGAR CINTA LINGKUNGAN - Maysuun Babykids Hijab

10 CARA MENYENANGKAN YANG BISA BUNDA AJARKAN KE ANAK AGAR CINTA LINGKUNGAN

3 tahun yang lalu

Kita semua sebagai makhluk penghuni bumi yang paling sempurna sudah seharusnya peduli dan mencintai lingkungan. Cinta lingkungan harus tertanam dalam diri sejak kecil. Di mulai dari orang tua yang perlu memiliki rasa cinta lingkungan, kemudian orang tua bisa mengajarkan rasa cinta lingkungan kepada anak. Terlebih lagi anak-anak merupakan generasi penerus yang akan hidup lebih panjang menikmati bumi yang indah.

 

Lantas, apa yang bisa orang tua ajarkan kepada anak agar cinta lingkungan ?

 

  1. Buang sampah di tempatnya

Bencana banjir yang sering terjadi di Indonesia bisa bunda jadikan contoh akibat dari buang sampah sembarangan. Maka dari itu bunda perlu ajarkan pada anak untuk membuang sampah pada tempatnya. Sehingga ketika kelak anak tumbuh dewasa, ia bisa memberi contoh kepada orang lain untuk tidak membuang sampah sembarangan. Cara mudah membiasakan anak untuk buang sampah pada tempatnya adalah bunda bisa sediakan tempat sampah di beberapa sudut rumah, seperti kamar tidur, ruang keluarga, atau kamar mandi agar memudahkan si kecil untuk menemukan tempat sampah ketika ingin membuang sampah. Perlu juga sediakan tempat sampah kecil pada kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor agar si kecil tidak buang sampah ke jalan.

 

  1. Membersihkan halaman rumah

Ajak anak bersama-sama membersihkan halaman rumah. Minta dia menyapu atau mengambil daun-daun kering yang berserakan di tanah. Bunda bisa jelaskan bahwa membersihkan halaman rumah merupakan wujud dari cinta pada lingkungan. Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, bunda bisa ajak dia untuk menghitung daun-daun yang sudah dikumpulkan (itung-itung sambil mengajari anak belajar berhitung), lalu ajarkan anak menimbun daun-daun tersebut ke dalam tanah agar bisa ‘berubah’ menjadi pupuk.

 

  1. Memelihara bintang peliharaan

Bunda bisa berikan hewan-hewan peliharaan yang lucu untuk anak seperti kucing atau kelinci. Keduanya merupakan binatang peliharaan yang aman untuk anak-anak. Bunda bisa diajarkan kepada anak bagaimana memelihara, mencintai dan menyayangi binatang secara baik dan benar. Contohnya dengan memberi makan dan minum secara rutin, memandikan, bermain bersama, mengelus dan tidak menyakiti hewan peliharaan. Cara tersebut merupakan tips mengajarkan anak untuk mencintai makhluk hidup lain selain manusia.

 

  1. Ayo, menanam !

“Manfaatkan” anak yang haus pengalaman dan petualangan untuk menanam tanaman bersama. Bunda bisa ajak anak menanam pohon buah-buahan, sayur, apotik hidup, ataupun warung hidup. Ajarkan juga pada anak manfaat yang didapat ketika tanaman itu sudah membuahkan hasil nantinya. Jangan lupa ajarkan pada anak untuk merawat tanaman yang sudah ia tanam. Bila tanaman kelak berbuah, dia boleh dapat hadiah.

 

  1. Ajarkan hemat air

Ajarkan kepada anak untuk selalu menutup kran air setiap selesai mandi, wudhu, ataupun sikat gigi. Dengan begitu, bunda sudah mengajarkan pentingnya menghemat air bersih. Jelaskan kepada anak mengapa kita harus menghemat air.

 

  1. Membawa makanan dan minuman sendiri

Membeli jajanan atau camilan di luar rumah pasti akan menggunakan plastik kemasan yang akhirnya akan terbuang menjadi sampah. Biasakan anak membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Selain untuk mengajarkan tentang mengurangi jumlah sampah plastik, tentunya membawakan bekal makanan untuk anak jauh lebih sehat dari jajan di luar.

 

  1. Membuat mainan dari kardus bekas

Dunia anak memang tak jauh dari dunia fantasi dan mainan. Usia anak-anak memang sangat menyenangi mainan. Bunda bisa memanfaatkan kesenangan anak itu dengan mengajak anak membuat mainan sendiri dari barang-barang bekas. Beri pengertian kepada anak pentingnya memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan barang-barang baru. Dengan demikian, bunda bisa menanamkan mindset pada anak bahwa sesungguhnya barang-barang yang dianggap sampah masih bisa berguna bila dimanfaatkan

 

  1. Membawa tas saat berbelanja

Membudayakan kebiasaan “anti kantong plastik”  sebagai bentuk cinta pada lingkungan adalah kebiasaan yang patut diacungi dua jempol. Tularkan kebiasaan ini kepada anak ketika berbelanja. Bunda bisa minta anak untuk membawa tas belanja kesukaannya. Beberapa barang belanjaan yang ringan bisa bunda letakkan di dalam tas belanjaannya, katakan padanya “Adek juga boleh bawa barang belanjaan kita. Kita tidak perlu pakai plastik ya, karena plastik di rumah sudah banyak sekali dan tidak terpakai.”

 

  1. Mari hemat listrik

Ajak anak mencintai lingkungan dengan cara menghemat penggunaan listrik. Ajarkan tindakan-tindakan yang mudah, seperti mematikan lampu saat meninggalkan ruangan atau tidak menyalakan lampu ketika siang hari karena sudah ada sinar matahari yang menerangi. Dengan begitu, selain bunda bisa mengajarkan hemat listrik, bunda juga bisa menanamkan nilai aqidah kepada anak. Ajarkan kepada anak tentang Kebesaran Allah yang telah menciptakan matahari. Bunda juga bisa ajarkan kepada anak agar mematikan televisi bila sudah selesai menonton. Ajaran hal yang sama untuk berhemat pada baterei di mainannya. Beri pengetrtian jika ia hemat konsumsi baterai, awet pula mainannya

 

  1. Jalan kaki atau naik sepeda saat bepergian

Banyak manfaatnya jika bunda ajak anak sepeda bersama atau berjalan kaki. Bunda bisa mengajarkan pada anak tentang mengurangi polusi udara yang keluar dari knalpot kendaraaan bermotor dengan bersepeda. Selain itu bunda juga bisa ajarkan tentang hemat bahan bakar sekaligus memberikan pengalaman menarik selama di perjalanan dengan mengamati pepohonan ataupun aktivitas orang lain. Bunda juga bisa ajarkan pada anak untuk menyapa tetangga yang kebetulan berpapasan ketika di jalan.

 

Wallahu a’lam, demikian tadi adalah 10 cara yang bisa bunda terapkan untuk mendidik anak agar cinta dengan lingkungan. Mengapa penting ? sebab dengan cinta lingkungan, kita bisa bersama-sama mencegah kerusakan dini pada bumi. Sehingga generasi penerus kita yang akan datang masih bisa menikmati indahnya alam dan lingkungan, serta masih bisa menghirup udara yang masih segar.

 

Semoga dengan 10 cara di atas, anak-anak bunda bisa tumbuh menjadi anak-anak yang cinta kepada alam termasuk semua makhluk-makhluk yang ada di dalamnya. Dengan begitu, makhluk-makhluk langit pun juga akan mencintainya karena dia sudah mencintai makhluk-makhluk yang ada di bumi. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist shahih, Rasulullah SAW bersabda:

Sayangilah yang ada di bumi, niscaya Yang ada di langit akan menyayangimu.”

(H.R. At Thabrani)

 Aamiin